Raden Adjeng Kartini atau sebenarnya lebih tepat disebut Raden Ayu Kartini adalah seorang tokoh Jawa dan Pahlawan Nasional Indonesia. Kartini dikenal sebagai pelopor kebangkitan perempuan pribumi. Semangatnya untuk menjunjung kesetraan drajat dan martabat wanita Indonesia patu diacungi jempol.
R.A Kartini lahir di kota Jepara , kota kecil di timur Jawa Tengah , tepat tanggal 21 April 1879. meninggal di Rembang, Jawa Tengah, 17 September 1904 (pada umur 25 tahun) Wanita yang terkenal dengan bukunya yang berjudul habuis Gelap Terbitlah Terang tersebut merupakan putri dari pasangan Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat dan ibu M.A. Ngasirah. R.A Kartini menikah dengan seorangh pria Jawa Raden Adipati Joyodiningrat , dan memiliki anak bernama Soesalit Djojoadhiningrat.

RADEN AJENG KARTINI
Raden Ajeng Kartini…
Kau adalah wanita sejati
Cita -citamu luhur ingin memajukan kaummu
Tak gentar kau melawan takdirmu
Demi kebangkitan kaummu
Raden Ajeng Kartini…
Kau adalah teladan bagi kami
Kau sejajarkan kami di mata dunia
Kau adalah cerminan bagi kami
Raden Ajeng Kartini…
Dunia kami cerah karenamu
Kini mereka tak memandang rendah pada kami
Kini kami bangga sebagai wanita
Karena kami adalah kehormatan negeri ini
Raden Ajeng Kartini…
Kami berjanji padamu
Untuk memajukan negeri kami
Ingin kami berjuang mengisi kemerdekaan
Dengan ilmu dan kasih sayang kami
Demi mewujudkan cita – cita luhurmu

Tidak ada sesuatu yang lebih menyenangkan, selain menimbulkan senyum diwajah orang lain, terutama wajah yang kita cintai”.
“Jangan pernah menyerah jika kamu masih ingin mencoba. Jangan biarkan penyesalan datang karena kamu selangkah lagi tuk menang”.
“Mati satu tumbuh seribu. Kartini mungkin sudah tiada, namun semangat juangnya tidak boleh padam begitu saja. Maju terus para Kartini muda. Keluarga Besar SMA Muhammadiyah 1 Klaten mengucapkan Selamat hari Kartini”