Dalam rangka memberi wawasan tentang perguruan tinggi dan mengenalkan budaya belajar di Perguruan tunggi, peserta didik kelas XII SMA Muhammadiyah 1 Klaten menyelenggarakan program kunjungan belajar ke Universitas Diponegoro Semarang dan Universitas Negeri Semarang hari ini Rabu 20 Desember 2017.
Peserta didik kelas XII jurusan IPA dan IPS sejumlah 213 siswa dengan dibimbing Bapak Ibu guru diharapkan mempunyai motivasi untuk belajar melanjutkan ke jenjang yang lebih tingggi, yaitu ke Perguruan Tinggi. ‚ÄúStudi kampus adalah proses pembelajaran yang dilakukan di kampus atau perguruan tinggi. Studi kampus penting dilakukan oleh siswa-siswi SMA karena dengan kegiatan studi kampus, siswa SMA dapat mengetahui tentang pembelajaran perkuliahan di perguruan tinggi. Selain itu, kegiatan studi kampus dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan siswa sehingga siswa lebih siap untuk masuk di perguruan tinggi setelah lulus SMA nantinya” ungkap Kepala Sekolah SMA Muhammadiyah 1 Klaten, Drs. Aris Munawar. Penting sekali untuk melakukan suatu kunjungan kampus, terutama bagi siswa kelas XII yang masih meraba-raba mengenai dunia universitas. Diharapkan dengan melakukan kunjungan kampus ini akan semakin memantapkan hati siswa SMA Muhammadiyah 1 Klaten untuk melanjutkan pendidikan hingga di tingkat Perguruan Tinggi dan siswa dapat menentukan serta memilih jurusan yang pas dan sesuai dengan bakat miat siswa itu sendiri, tambahnya.
Disamping kunjungan ke UNDIP dan UNNES, peserta didik kelas XII SMA Muhammadiyah 1 Klaten juga melakukan kunjungan ke berbagai industri yang ada di Semarang.